Senin (18/07/2022). Ketentuan penyelengaraan MPLS ini juga tetap mematuhi protokol Kesehatan.

SMA Negeri 1 Mantup PPDB (Penerimaan Peserta Ddidik Baru) Tahun Pelajaran 2022-2023 melaksanakan MPLS, bagi peserta didik baru yang diterima pada tahun pelajaran ini, selama 3 hari yaitu tanggal 18-20 Juli 2022.

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.

Konsep yang mendasari kegiatan MPLS di tahun 2022 yakni berdasarkan sejarah “kerajaan”. Nama Kerajaan menempati nama gugus yang terbagi kurang lebih 30 siswa menempati 9 ruang gugus.

Pembukaan MPLS SMAN 1 Mantup diawali dengan Upacara Bendera di Halaman SMAN 1 mantup, disamping itu secara simbolis oleh wakakesiswaan Muhammad Toha, S.Pd, Gr. Diberikan kartu tanda pengenal peserta didik baru.

 

Kegiatan MPLS SMAN1M  selama 3 hari diantaranya sebagai berikut:

 

  1. Sholat Dhuha
  2. Materi
  3. Peraturan Baris Berbaris (PBB)
  4. Kesehatan
  5. Sholat Dhuhur & Kultum

Berdasarkan penjabaran salah satu siswa Materi MPLS, diantarannya yakni  Wawasan Wiyata Mandala, Kedisiplinan, tatakrama siswa, Kepramukaan, Pengenalan literasi dan perpustakaan,  belajar efektif, ekstrakulikuler, dan pengenalan kurikulum merdeka.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tujuan MPLS sebagai berikut:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Acara penutupan MPLS wajib diikuti bagi seluruh siswa kegiatan ini resmi ditutup siang (20/07). Disamping itu, terdapat juga pentas seni masing-masing gugus disertai syarat dan ketentuan. Akhir acara ini ditutup drama gabungan 8 ekstra dilapangan utama pada siang, 21/07/22.

(pesan & kesan siswa diakhir MPLS)

Pesan: terimakasih kepada kakak OSIS sudah membantu kami menjadi yang lebih baik lagi, semoga OSIS SMA Negeri 1 Mantup lebih maju dan jaya.

Kesan: selama MPLS di SMA Negeri 1 Mantup 3 hari saya merasa senang dan bahagia karna mempunyai banyak teman baru dari berbagai sekolah dan saya juga sangat senang bisa berada disekolah SMAN1M dengan fasilitas yang baik.

Ketentuan penyelengaraan MPLS ini juga tetap mematuhi protokol Kesehatan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *