SMAN1M-Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madarasah diwajibkan memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pencapaian kompetensi tersebut menjadi sangat penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Diperlukan Seleksi Substansi Calon Kepala Sekolah untuk mendapatkan kepala sekolah yang kompeten, sehingga dapat meningkatkan kinerja sekolah kearah peningkatan mutu sekolah dan daya saing pendidikan. Terdapat dua tahapan Seleksi Calon kepala Sekolah yang dilakukan, yakni, Seleksi Administrasi dan Seleksi Tulis (Substansi). Seleksi Substansi dilakukan dengan Tes Potensi Kepemimpinan, yang dalam hal ini adalah Penilaian Potensi Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah (PPK-BCKS).

Dua guru SMA Negeri 1 Mantup, Drs. Edi Agus Santoso dan Khabib Sholeh, S.Pd,M.Pd, melakukan seleksi ini pada Juli 2016 dengan waktu pelaksanaan gelombang ke-2 dari kabupaten. Sedangkan Siti Mukhayatin, M.MPd mengikuti seleksi administrasi pada September 2020 dan seleksi Substansi di Malang pada tanggal 28 November sampai 2 Desember 2021.

Syarat untuk menjadi Kepala Sekolah adalah dengan memiliki NUKS (Nomer Unit Kepala Sekolah) yang diperoleh saat Diklat selama tiga bulan dengan estimasi waktu selama 100 jam. Diklat ini dilakukan di dua tempat oleh para CAKEP. Drs. Edi Agus Santoso dan Khabib Sholeh. S.Pd, M.Pd melaksanakan Diklat di Solo yang diadakan oleh LP2KSP Solo/LP2KS, sedangkan Siti Mukhayatin, M.MPd mengikuti Diklat di Malang dengan empat tahapan. Tahap pertama adalah OJT (On The Job Training) 1, tanggal 24 September dan IST (Intelligence Structure Test) 1, tanggal 5-8 Oktober di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Surabaya. OJT (On The Job Training) 2, tanggal 28 November dan IST (Intelligence Structure Test) 2, tanggal 2-5 Desember Di Hotel eLkartika Wijaya, Batu, Malang.

“Dengan mengikuti alur yang sedemikian rupa, semoga bisa ditempatkan untuk memegang amanat sebagai Kepala Sekolah.” Khabib Sholeh, S.Pd, M.Pd memberi tanggapan dalam sesi tanya jawab. Lihat penampilannya disini

“Ikuti segala aktivitas yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan untuk mengembangkan karier demi untuk kemajuan lembaga pendidikan khususnya SMA Negeri 1 Mantup.” Drs. Edi Agus Santoso mengungkapkan harapan besarnya.

“Allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaumnya tidak berusaha untuk merubah diri.” Harapan Siti Mukhayatin, M.MPd saat mengakhiri sesi wawancara.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *